Search

EKSPOS HASIL PEMERIKSAAN PLUS DOORPRIZE BARU TERJADI DI PENGADILAN AGAMA KOTA TASIKMALAYA

Pemeriksaan, Pengawasan dan Pembinaan yang dilakukan oleh Tim Pengadilan Tinggi Agama Bandung di Pengadilan Agama Kota Tasikmalaya berlangsung selama 2 (dua) hari sejak Kamis, 13/6/2024 kemarin. Kedatangan Tim yang dipimpin oleh Drs. Hikmat Mulyana, M.H. (Hakim Tinggi), Asep Parhanil Ibad, S.Ag (Panitera Pengganti), dan Faridl Muzaki, S.Kom. (Kasubbag Kepegawaian dan TI) disambut oleh Warhan Latief, S.Ag., M.H. (Wakil Ketua), Pipih Parida, S.Ag. (Panitera) serta Tikeu Rahmawati, S.H.I. (Sekretaris).

Dalam momen penyambutan tersebut, atas nama Ketua Pengadilan Agama Kota Tasikmalaya, Warhan menyampaikan permohonan maaf  dikarenakan Ketua Pengadilan Agama Kota Tasikmalaya tidak dapat menyambut kedatangan Tim dari Pengadilan Tinggi Agama Bandung secara langsung dikarenakan sedang menjalankan Cuti (Mertua Meninggal dunia).

Ta butuh waktu lama, Tim Pemeriksa langsung melaksanakan amanat yang di emban nya pasca diterima di ruang kerja Wakil Ketua Pengadilan Agaa Kota Tasikmalaya. Administrasi Persidangan, Administrasi Kepaniteraan, dan Administrasi Kesekretariatan menjadi sasaran dalam Pemeriksaan dan pengawasan kali ini. Raut wajah serius Nampak dari Hikmat Mulyana dalam memeriksa berkas perkara. Berbeda dengan Hikmat, Asep Parhan dan Faridl Nampak lebih santai dalam menjalankan tugasnya.

EKSPOS HASIL TEMUAN

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap sampling berkas perkara secara random, TIM langsung melakukan ekspos hasil temuan selama mereka menjalankan tugasnya kamis kemarin. Dalam paparannya, Hikmat menyatakan bahwa dari beberapa Pengadilan Agama lainnya, Pengadilan Agama Kota Tasik jauh leih baik, pernyataan tersebut disambut ekspresi Bahagia dari seluruh jajaran pimpinan dan pegawai Pengadilan Agama Kota Tasikmalaya. “sejak saya melakukan pemeriksaan dan pengawasan ke beberapa Pengadilan Agama di wilayah Jawa Barat, sejauh ini memang Pengadilan Agama Kota Tasikmalaya lebih baik dari Pengadilan Agama yang pernah saya Periksa” ujar Hikmat.

Asep Parhan pun menyampaikan hal yang tidak jauh berbeda, pasalnya sebelum menjalankan tugas, Asep telah berusaha mencari tahu dengan membuka beberapa aplikasi yang digunakan di Pengadilan Agama Kota Tasikmalaya . kenyataannya, sulit bagi asep untuk menemukan hal yang dirasa menjadi poin atau catatan yang sangat fatal. “seminggu sebelum saya berangkat, saya cob acari celah, tapi memang tidak ditemukan kesalahan yang sangat fatal, padahal saya tidak pernah memberikan bocoran apa-apa tentang apa yang akan saya periksa selama 2 (dua) hari ini, artinya memang segala yang berjalan di kepaniteraan telah sesuai sebagaimana mestinya. Papar Asep.

Demikian pula dengan Faridl, ia pun tak banyak menemukan hal yang dirasa sangat fatal, “ di bidang kesekretariatan pun, taka da hal yang sangat krusial, sehingga patut diapresiasi kinerja Pengadilan Agama Kota Tasikmalaya” tambah Faridl.

Warhan Latief mengucapkan terimakasih atas pemaparan dari Tim, meskipun temuan dalam pemeriksaan ini bersifat minor, Warhan berjanji akan memindaklanjutinya tak sampai sebulan lamanya. “Saya rasa temuan seperti ini harusnya bisa selesai dan di tindaklanjuti dalam watu 1 (satu) hari saja, akan tetapi karena pekan depan cuti Bersama, maka selambatnya hari jum’t mendatang tindak lanjut hasil pemeriksaan dan pengawasan akan kami kirimkan ke Pengadilan Tinggi Agama Bandung”. Janji Warhan.

Menariknya, pada ekspos hasil pemeriksaan dan Pengawasan ini, ada hal yang luar biasa yang dilakukan oleh Tim Pemeriksa dari Pengadilan Tinggi Agama Bandung, bagaimana tidak, Tim memberikan doorprize kepada Pegawai Pengadilan Agama Kota Tasikmalaya yang bisa menjawab pertanyaan dari Tim.Muhammad Yudha Pamungkas, A.Md, (Kasir), Hariyaman Fajar, S.T. (Pranata Komputer), dan Barli Meirdani, A.Md (Petugas Meja III) adalah pegawai yang berhasil medapatkan doorprize dari Hakim Tinggi Pengawas pada Ekspos kali ini.

Ekspos ditutup dengan penyerahan Kontrak Kerja Tindak Lanjut Hasil Pengawasan dan Foto Bersama.

 

Bond_Last

JAM KERJA

Senin - Kamis

08.00 WIB - 16.30 WIB

Istirahat

12.00 WIB - 13.00 WIB

Jum'at

08.00 WIB - 15.00 WIB

Istirahat

11.30 WIB - 13.00 WIB

Kontak Utama

Jl. Letnan Harun, Sukarindik, Kec. Bungursari, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat Kode Pos 46151
Telp.  (0265)333000
Fax.  (0265)7523520
Email: pa.kotatasikmalaya_ptabdg@yahoo.com, tabayun.kotatasikmalaya@gmail.com

Flag Counter