TINGKATKAN KOPETENSI MEDIATOR, PANITERA PA. KOTA TASIKMALAYA IKUTI PELATIHAN DI BALITBANGDIKLAT KUMDIL MAHKAMAH AGUNG RI

TINGKATKAN KOPETENSI MEDIATOR, PANITERA PA. KOTA TASIKMALAYA IKUTI PELATIHAN DI BALITBANGDIKLAT KUMDIL MAHKAMAH AGUNG RI

Kota Tasikmalaya, 7/12/2023

Bertajuk Pelatihan Sertifikasi Mediator Panitera/Panitera Pengganti Peradilan Umum dan Peradilan Agama, Mahkamah Agung Republik Indonesia melakukan Kerjasama dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia menyelenggarakan pelatihan bagi Panitera/Panitera Pengganti untuk menjadi Mediator (Non Hakim).

Ketua Komnas HAM (tengah) mendampingi Dirjen HAM dalam penyampaian materi

Dibuka secara langsung oleh Bambang Hery Mulyono, S.H., M.H. (Kepala Badan Penelitian Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI) senin 4 Desember 2023, kegiatan ini dijadwalkan terlaksana hingga 13 Desember 2023 mendatang. Kegiatan tersebut diikuti oleh 40 (empat puluh) peserta dari lingkungan Mahkamah Agung RI dan 40 (empat puluh) peserta dari Kemenkum HAM RI. Pipih Parida, S.Ag (Panitera Pengadilan Agama Kota Tasikmalaya) menjadi salah satu peserta yang dipanggil untuk mengikuti kegiatan tersebut. Kesempatan ini pun tak beliau sia-siakan, pasalnya belum tentu kegiatan ini akan terselenggara lagi di tahun mendatang.

Terbatasnya waktu dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, memaksa peserta mengikuti dan menyelesaikan materi sejak pagi hingga malam hari, hal ini disebabkan agar seluruh materi yang menjadi dasar pengetahuan bagi calon Mediator dapat tersampaikan seluruhnya kepada peserta pelatihan. “Pentingnya pelatihan ini tak menyurutkan semangat peserta dalam mengikuti seluruh sesi penyampaian oleh narasumber meskipun hingga malam hari kami masih harus berada di kelas” ujar Pipih yang nampak bersemangat dalam pelatihan terssebut.

Pipih pun berharap, pasca menyelesaikan pelatihan ini akan menambah kopetensi yang dimilikinya agar dapat menjalankan tugas sebagai Mediator di Pengadilan Agama. “saya yakin, seluruh peserta pelatihan akan menjadi mediator handal nantinya, sebab narasumbernya pun luar biasa, diantaranya ada Dirjen HAM dari Kemenkum HAM RI yang sedang menyampaikan materi pada hari kamis 7 Desember 2023 ini” tambah Pipih.

Mahrus. Lc., M.H. (Ketua Pengadilan Agama Kota Tasikmalaya) pun sangat mendukung dan menaruh harapan besar terhadap capaian/hasil yang diperoleh pasca pelatihan tersebut “Ini kesempatan luar biasa yang diterima oleh Bu Panitera, ikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh, sehingga apa yang didapat dari pelatihan nantinya dapat menjadi ilmu terapan yang tepat guna” tutup H. Mahrus.

Fokus, Semangat Bahagia……

Bond

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
PA Kota Tasikmalaya

PA Kota Tasikmalaya

Jam Kerja

Senin s.d Kamis

Jum'at

08.00 – 16.30

08.00 – 17.00

ISTIRAHAT

Senin s.d Kamis

Jum'at

12.00 – 13.00

11.30 – 13.00

Pelaksanaan Sidang

Senin - Kamis

09.00 WIB - Selesai

Agenda Pimpinan

Maret 2024
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Tautan

Mahkamah Agung
Mahkamah Agung Republik Indonesia

Badilag
Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama

Pengadilan Tinggi Agama
Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat

Pemerintah Daerah
Pemerintah Daerah Kota Tasikmalaya