Mekanisme Pengaduan

MEKANISME PENGADUAN MASYARAKAT

     Di dalam melaksanakan kegiatan pelayanan publik, Pengadilan Agama Kota Tasikmalaya kadang kala tidak selalu dapat memenuhi harapan masyarakat, khususnya para pencari keadilan. Bila hal ini terjadi, bisa menimbulkan ketidakpuasan dan keluhan dari masyarakat. Keluhan tersebut dapat diajukan ke Pengadilan Agama Kota Tasikmalaya dan Pengadilan Agama Kota Tasikmalaya akan berupaya untuk memberikan solusi yang terbaik.

Cara menyampaikan pengaduan ke Pengadilan Agama Kota Tasikmalaya

A. Secara lisan

1. Melalui telepon (0265)333000, Fax (0265)7523520, yakni pada saat jam kerja mulai pukul 08.00 s/d 16.30 WIB

2. Datang langsung ke kantor Pengadilan Agama Kota Tasikmalaya Jln. Letnan Harun Kelurahan Sukarindik, Kecamatan Bungursari, Kota tasikmalaya, Jawa Barat 46151.

B. Secara tertulis

1. Menyampaikan surat resmi yang ditujukan kepada pimpinan dalam hal ini Ketua Pengadilan Agama Kota Tasikmalaya , dengan cara diantar langsung, dikirim melalui faxsimile, atau melalui pos ke alamat kantor di ln. Letnan Harun Kelurahan Sukarindik, Kecamatan Bungursari, Kota tasikmalaya, Jawa Barat 46151.

2. Melalui e-mail :This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau website Pengadilan Agama Kota Tasikmalaya dengan klik tautan ini : www.pa-tasikmalayakota.go.id

3. Pengaduan secara tertulis wajib dilengkapi fotokopi identitas dan dokumen pendukung lainnya seperti dokumen lainnya yang berkaitan dengan pengaduan yang akan disampaikan.

C. Secara Online Melalui Website SIWAS

1. Klik tombol "Login" , lalu isikan Username dan Password Anda.

2. Jika Anda belum terdaftar, klik tombol "Register", isikan data diri Anda lalu klik "Simpan"

  1. Buat Nama Samaran (username) dan Kata Sandi (password) yang anda ketahui sendiri
  2. Gunakan nama yang unik dan tidak menggambarkan identitas anda

3. Perhatikan baik-baik beberapa hal di bawah ini:

  1. Semua kotak yang diberi tanda (*) wajib diisi.
  2. Pastikan informasi yang diberikan sedapat mungkin memenuhi unsur 4W + 1H (What, Where, When, Who, How)
  3. Jika anda memiliki bukti dalam bentuk file seperti foto atau dokumen lain, silahkan dilengkapi di halaman pengaduan.

4. Pengaduan yang Anda sampaikan akan ditindaklanjuti setelah anda melengkapi proses pengaduan dan menekan tombol konfirmasi pada form pengaduan.

Penerimaan Pengaduan oleh Pengadilan Agama Kota Tasikmalaya

1. Pengadilan Agama Kota Tasikmalaya akan menerima setiap pengaduan yang diajukan oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulis.
2. Pengadilan Agama Kota Tasikmalaya akan memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat masyarakat mengajukan pengaduan.
3. Pengadilan Agama Kota Tasikmalaya akan memberikan tanda terima, jika pengaduan diajukan secara tertulis.
4. Pengadilan Agama Kota Tasikmalaya hanya akan menindaklanjuti pengaduan yang mencantumkan identitas pelapor.